Materi jarak pada dimensi tiga, khususnya jarak titik ke bidang merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa, dikarenakan siswa harus bisa berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis soal, menalar, menggambar, menentukan proyeksi titik pada bidang, dan menentukan bidang bantu untuk mencari jarak titik ke bidang. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi jarak pada dimensi tiga adalah dengan menggunakan KUBINOV, yaitu inovasi media atau alat peraga yang dirancang menyesuaikan bentuk soal dalam materi jarak pada dimensi tiga, khususnya pada bangun kubus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media KUBINOV berbasis Project Based Learning (PJBL), serta mendeskripsikan hasil dan dampak penggunaan media KUBINOV berbasis PJBL sebagai strategi pembelajaran dalam materi jarak pada dimensi tiga. Hasil penggunaan KUBINOV dalam pembelajaran sangat membantu siswa untuk memahami konsep materi, meningkatkan penalaran, membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa. Setelah menggunakan KUBINOV, hasil belajar siswa menujukkan rata-rata 87 dalam materi jarak pada dimensi tiga. Sebelum menggunakan KUBINOV, rata-rata siswa hanya mencapai 45.Kata kunci: KUBINOV, Alat Peraga, PJBL, Motivasi, Hasil Belajar.
Copyrights © 2022