JEKPEND Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2022): Januari

Strategi Bertahan Usaha Mikro Di Wilayah Pariwisata Kota Padang Di Tengah Pandemi Covid-19

Muthia Ulfah (STEI AR RISALAH SUMATERA BARAT)
Bayu Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Abstrack. This study aims to examine the impact of the Covid-19 on micro-businesses in the tourism area of  Padang City, especially in terms of micro-business income and their survival strategies in the midst of a pandemic in order to survive. To achieve these objectives, this study uses qualitative research methods. The results showed that the Covid-19 Pandemic had an impact on the income of micro-businesses in the tourism area of Padang City, varying depending on the type of business and their survival strategy. The strategies carried out by micro-businesses in the tourism area of Padang City are: 1) Active strategies by improving product quality and increasing business variety, doing digital marketing, and improving service quality; 2) Passive strategy by making savings and production efficiency; 3) Network strategy by accessing assistance, loans, or financing from other parties. The right survival strategy to reduce the impact of Covid-19 is to implement strategies that can provide added value while ensuring business sustainability. Keywords: micro-businesses, Covid-19, income, survival strategies Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam dampak pandemi Covid-19 terhadap usaha mikro di wilayah pariwisata Kota Padang terutama dalam hal perubahan pendapatan usaha mikro dan bagaimana stategi bertahan mereka di tengah pandemi agar tetap eksis. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 berdampak pada pendapatan usaha mikro di wilayah pariwisata Kota Padang secara bervariasi tergantung pada jenis usaha serta strategi bertahan yang mereka lakukan. Adapun strategi yang dilakukan oleh usaha mikro di wilayah pariwisata Kota Padang yaitu: 1) Strategi aktif dengan cara meningkatkan kualitas produk dan menambah variasi usaha, melakukan digital marketing, dan meningkatkan kualitas layanan; 2) Strategi pasif dengan cara melakukan penghematan dan efisiensi produksi; 3) Strategi jaringan dengan mengakses bantuan, pinjaman, atau pembiayaan dari pihak lain. Strategi bertahan yang tepat untuk meredam dampak Covid-19 adalah dengan menerapkan strategi-strategi yang dapat memberikan nilai tambah sekaligus dapat menjamin keberlanjutan usaha Kata Kunci: usaha mikro, Covid-19, pendapatan, strategi bertahan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEKPEND

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JEKPEND: Jurnal ekonomi dan pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat tulisan berupa gagasan ilmiah dan hasil hasil penelitian dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Scope tulisan meliputi kajian pendidikan ekonomi, ilmu ekonomi, pengembangan kurikulum pendidikan ekonomi, model dan media ...