JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 1 (2021): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Sigil pada Materi Induksi Matematika

Martina Ula (SINTA ID: 6000718, Universitas Balikpapan)
Ganjar Susilo (Universitas Balikpapan, Balikpapan)
Besse Intan Permatasari (Universitas Balikpapan, Balikpapan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari e-modul pembelajaran matematika berbasis sigil pada materi induksi matematika. Model penelitian ini ialah Research and Development Borg and Gall. Data penelitian berasal dari guru, siswa, pustakawan, buku-buku dan jurnal-jurnal terbaru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket (kuesioner), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh skor 3,39 dan media 3,27 dengan kriteria “Sangat Valid”. Dalam menilai kepraktisan e-modul berbasis sigil respon guru mendapatkan skor 3,57 dan siswa 3,43 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan Keefektifan e-modul memperoleh kualifikasi “Efektif” dengan persentase skor 82%. Dengan demikian e-modul berbasis sigil pada materi induksi matematika telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan oleh siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...