Empowerment Society
Vol 1 No 02 (2018): Agustus

Taman Baca Anak: Pengembangan Literasi Kearifan Lokal

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Taman bacaan anak ini merupakan taman bacaan yang didirikan dengan sasaran anak-anak usia pra sekolah dan usia TK dan lokasi taman bacaan inipun berada pada lokasi sekolah Paud dan posyandu. Keberadaan taman bacaan ini cukup mendapat respon dan diminati anak-anak baik pada buku-buku cerita anak dan permainan eduktif karena sebagai sesuatu yang tidak mereka miliki di rumah. Sehingga keberadaan taman bacaan ini tidak hanya sebagai sarana belajar tetapi juga sarana bermain anak-anak. Permasalahan yang dihadapi pada taman bacaan ini adalah minimnya koleksi buku-buku, sarana dan prasarana yang belum memadai serta manajemen pengelolaan taman bacaan yang masih rendah. Target yang akan dicapai di dalam pengabdian bagi masyarakat ini adalah berupa pencapaian tujuan umum kegiatan pengabdian masyarakat yaitu untuk pengembangan taman bacaan anak. Untuk mencapai tujuan tersebut rencana kegiatan ini adalah berupa: memberikan penyediaan sarana dan prasarana meliputi penambahan koleksi buku-buku, penyediaan rak tempat buku, penyediaan sarana permaianan edukatif, desain tempat untuk memberikan kenyamanan pada anak-anak ketika berada di taman bacaan tersebut. Disamping itu juga memberikan pelatihan manajemen terkait pengelolaan dan pemeliharaan buku-buku serta pelatihan penggunaan permainan edukatif. Diharapkan menjadi tempat pengembangan budaya literasi dengan tidak menghilangkan kearifan lokal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

eps

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Empowerment Society published twice a year in February and August, published by LPPM Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang since February 2018. Empowerment Society is intended as a forum for publishing scientific articles in the field of community development and ...