Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 4, No 2 (2021): Desember

TEORI BELAJAR KOGNITIF GESTALT DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Andi Setiyawan (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Wulan Fitriani (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Zubaedah Nasucha (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Suci Muzfirah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Keberhasilan seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh faktor penguasaan teori belajar oleh si pendidik. Oleh karenanya seorang pendidik hendaknya perlu mengerti dan memahami serta memiliki pengetahuan tentang teori belajar sehingga kelak dapat mengaplikasikannya ketika pendidik melaksanakan pembelajaran di sekolah. Tujuan disusunnya makalah ini ialah untuk mengenal dan mengetahui apa itu teori belajar kognitif dan konstruktivisme. Setelah mengetahui kedua teori tersebut penulis akan menarik keterkaitan penggunaan teori tersebut dengan pembelajaran yang dilakukan ditingkat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Dalam penulisan ini, menggunakan metode penelitian kajian kepustakan dari berbagai sumber. Cara pengumpulan data yang dilakukan pada kepenulisan ini dilaksanakan melalui telaah terhadap berbagai buku, literatur, dan laporan berkaitan dengan kedua teori tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...