Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan marketplace dalam upaya meningkatkan penjualan dan mempertahankan bisnis UMKM di masa pandemi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan sebanyak 102 UMKM Makanan dan Minuman di Malang yang tergabung dalam marketplace Tokopedia. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan bergabung di Tokopedia, terjadi peningkatan penjualan di atas 50%, transaksi minimal per order Rp 50.000 -100.000, frekuensi transaksi terjadi setiap hari. Selain itu UMKM akan tetap bertahan di marketplace Tokopedia jika bergabung di sana tidak memberi banyak benefit. Mereka akan melakukan evaluasi mengapa hal itu bisa terjadi. UMKM mudah dalam memantau usaha di aplikasi Tokopedia Seller karena fitur-fitur pendukungnya yang telah memadai dan mudah digunakan. Pengelola Tokopedia sangat memperhatikan semua merchant dalam mempertahankan bisnisnya, sehingga terjalin hubungan yang baik antara marketplace dengan merchant UMKM. Dengan berbagai alasan tersebut, membuat para UMKM Makanan dan minuman di Malang yakin bahwa dengan bergabung di marketplace Tokopedia akan membantu mereka mempertahankan bisnis terutama di masa pandemi. Hasil penelitian ini didukung oleh penelitian Andriatie, Hastuti (2020), Artaya, I Putu (2019), Dwijayanti, Andina (2021), Wahyuni, Nuraida (2021) dan Wulandari, Oryz (2021). Kata kunci: E-commerce, Marketplace, UMKM
Copyrights © 2021