Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Abdul Majid Majid (STAI DDI Pangkep)
Muamar Qadar (STAI DDI Pangkep)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat paket modul pembelajaran kooperatif lingkungan pembelajaran Think Pair Share yang memenuhi kriteria validitas, praktik dan efektifitas. Penelitian ini adalah Pengembangan Modul menggunakan Thiagarajan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket modul Sahih/valid, praktis dan efektif berdasarkan expert judgement dan hasil uji coba terbatas. Validitas paket modul matematika berdasarkan validasi ahli telah memenuhi kriteria Sahih, yaitu validitas koefisien Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 100%, validitas modul matematika sebesar 85%, dan validitas koefisien sebesar THB sebesar 83,3%. hal ini menunjukkan bahwa paket modul matematika berada dalam kategori valid. Kepraktisan paket berdasarkan pengamatan pelaksanaan paket telah memenuhi kategori terlaksana sepenuhnya. Keefektifan paket telah memenuhi empat indikator keefektifan, yang dihasilkan dari persentase kelulusan klasikal dengan hasil belajar 90,1%, terpenuhinya 8 kategori aktivitas siswa, respon positif dari 80% siswa dalam pembelajaran modul proses dan matematika, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik. dan validitas koefisiennya adalah THB sebesar 83,3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...