Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences
Vol. 1 (2015): Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences (Prosiding Seminar Nasional Kefa

Profil Farmakokinetika Aspirin pada Plasma Tikus Putih Jantan

Vidia Prajna Lakhsita (Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia)
Islamudin Ahmad (Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia)
Rolan Rusli (Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2015

Abstract

Aspirin termasuk salah satu obat golongan NSAID (Non Steroid Anti-Inflammatory) yang sering diresepkan. Pengetahuan mengenai pengobatan yang rasional perlu diketahui oleh pasien. Farmakokinetik merupakan cabang ilmu farmakologi yang dapat menerangkan nasib obat di dalam tubuh, berupa perubahan kadar obat di dalam darah fungsi waktu, yang kemudian dapat digunakan untuk meramalkan efek farmakologi, terapi atau efek toksik dari suatu obat. Artikel ini menjelaskan tentang metode penentuan aspirin pada plasma tikus putih jantan menggunakan metode spektrometri (UV-Vis). Penelitian ini menggunakan tikus jantan dengan berat 150-200 g. Hewan-hewan tersebut diberikan dosis tunggal aspirin secara oral 9 mg / 200gBB. Darah seri dikumpulkan dari vena tikus bagian ekor. Sampel darah diambil pada 0, 0.25, 0.50, 1, 1.25, 1.50, 2, 2.50, 2.75,dan 3 jam pasca pemberian dosis untuk selanjutnya dianalisis menggunakan spektrofotometer UV. Parameter farmakokinetika aspirin dihitung menggunakan metode residual. Hasil penelitian diperoleh parameter farmakokinetik yaitu : Kabs=0,1064 (menit-1), t1/2abs=6,7675 (menit), Kel=0,0012 (menit-1), t1/2el=548,693 (menit), tmaks=43,37 (menit), Cmaks=1,0841 (mg/mL), Vd=7897,172 (mL/gBB), dan Cl=9,4766 (mL/menit).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

mpc

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology

Description

LINGKUP DAN TUJUAN Lingkup naskah mencakup bidang ilmu: Kimia Farmasi Biologi Farmasi Farmakologi Teknologi Farmasi dan Farmasetika Farmasi Klinik dan Komunitas Kedokteran dan Bidang ilmu lain yang terkait Tujuan penerbitan adalah memberikan informasi ilmiah tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan ...