Lifelong Education Journal
Vol 1 No 1 (2021): April

Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Candi Plaosan Melalui Program Desa Wisata Untuk Kemandirian Ekonomi Di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten

Fitra Ayuningtyas Hidayatullah (Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang)
Tri Suminar (Pendidikan Luar Sekolah, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemberdayaan masyarakat, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat, faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan, dan keberhasilan pemberdayaan masyarakat Desa Wisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan menggunakan lima tahap yaitu pengembangan SDM. Pengembangan kelembagaan kelompok. Pemupukan modal masyarakat. Pengembangan usaha produktif. Penyediaan infromasi tepat guna. Pelaksanaan pemberdayaan melalui tahap penyadaran, tahap transformasi, tahap pengayaan. Faktor pendukung pemberdayaan yaitu partisipasi masyarakat. Faktor penghambat yaitu masyarakat yang belum sadar wisata. Keberhasilan bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lej

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

LIFELONG EDUCATION JOURNAL adalah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk pertukaran hasil penelitian berkualitas di semua aspek pendidikan nonformal meliputi: Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat Pendidikan orang dewasa (andragogi) Pendidikan berbasis keluarga (pengasuhan anak, ...