Lifelong Education Journal
Vol 1 No 1 (2021): April

Pemanfaatan Museum Sonobudoyo Sebagai Sumber Belajar Untuk Masyarakat

YUDAN HERMAWAN (Universitas Negeri Yogyakarta)
Muhammad Dhiauddin Ahnaf (Universitas Negeri Yogyakarta)
Fitta Ummaya Santi (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manfaat Museum Sonobudoyo sebagai sumber belajar untuk masyarakat, khususnya Yogyakarta dan sekitarnya. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan informan yang terdiri dari petugas dan pengunjung museum. Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode verivikasi validitas data menggunakan metode triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan Museum Sonobudoyo bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk masyarakat khusunya pada pembelajaran yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan. koleksi yang cukup lengkap dan informatif (baik dari informasi yang tercantum pada tiap koleksi maupun dari pemandu museum) sangat memudahkan para pengunjung museum untuk mendapat pengetahuan tentang kebudayaan dan sejarah, sehingga pengunjung tidak hanya sekedar melihat – lihat saja, melainkuan juga mempelajari melalui koleksi dalam Museum Sonobudoyo. Museum Sonobudoyo termasuk sumber belajar yang dibuat, yaitu sumber belajar yang memang sengaja dibuat untuk kepentingan pembelajaran/ Pendidikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lej

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

LIFELONG EDUCATION JOURNAL adalah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk pertukaran hasil penelitian berkualitas di semua aspek pendidikan nonformal meliputi: Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat Pendidikan orang dewasa (andragogi) Pendidikan berbasis keluarga (pengasuhan anak, ...