Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE)
Vol 1 No 2: Desember (2021)

Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan

Wargijono Utomo (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran mencerminkan bahwa sampai saat ini mutu lulusan belum mampu memenuhi tuntutan dunia kerja. Salah satu pendidikan yang seharusnya menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi keahlian profesional adalah pendidikan kejuruan, namun sepertinya tujuan tersebut belum sepenuhnya tercapai. Pendidikan vokasi yang selama ini diharapkan oleh Pemerintah serta masyarakat agar dapat memberikan suatu keterampilan bagi peserta didiknya sehingga dapat dengan mudah diterima di dunia kerja pada saat lulus, namun ternyata masih belum sesuai yang diharapkan. Penulisan ini bertujuan menganalisis permasalahan pengangguran pendidikan vokasi, tantangan, harapan dan solusi. Dalam penulisan artikel, penulis menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai pustaka, membaca, mencatat serta mengolah dari berbagai sumber pustaka yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan vokasi di indonesia. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pendidikan vokasi di indonesia masih belum dapat memenuhi harapan sehingga masih perlu dilakukan perbaikan-perbaikan secara struktural dan sistematis untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AJMAEE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE) published in June and December Special editions are also planned according to scope and needs. AJMAEE publishes research articles that have never been published before. Every article submitted to the editorial staff will be ...