Jenius: Journal Education Policy and Elementary Education Issues
Vol. 2 No. 2 (2021)

Hubungan Keaktifan Belajar dengan Konsep Diri Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Dwi Muryani (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Salah satu indikator keefektifan suatu proses pembelajaran adalah apabila terdapat keaktifan belajar siswa. Namun, konsep diri yang negatif cenderung menyebabkan keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran menjadi kurang maksimal, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa, tingkat konsep diri siswa, dan apakah terdapat hubungan antara keaktifan belajar dengan konsep diri siswa kelas tinggi di MIN 4 Sukoharjo tahun ajaran 2020/2021. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 94 dari 122 populasi siswa yang dipilih dengan proportionate stratified random sampling. Uji hipotesis dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil: 1) Keaktifan belajar siswa termasuk kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 59%; 2) Tingkat konsep diri siswa termasuk kategori sangat tinggi dengan presentase 55%; dan 3) Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh rhitung = 0,751 dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh rtabel = 0,202. Karena rhitung > rtabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara keaktifan belajar dan konsep diri siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jenius

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Journal Education Policy and Elementary Education Issues (JENIUS) is an electronic journal focuses on critical studies of elementary education. It provides an academic platform for professionals and researchers to Investigated the dynamics of learning students at elementary education / Madrasah ...