Indonesian Journal of Public Health Nutrition (IJPHN)
Vol 2, No 1 (2021)

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia

Ilham Ibrahim (Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok, 16424, Indonesia)
Ratu Ayu Dewi Sartika (Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok, 16424, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penyakit diare adalah penyakit endemis yang mempunyai potensi untuk menciptakan kejadian luar biasa (KLB) dalam suatu negara termasuk di Indonesia. Di kabupaten Lebak ditemukan kasus diare tertinggi di Provinsi Banten, dengan angka tertinggi pada kelompok usia anak sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kejadian diare terhadap karakteristik anak, karakteristik perilaku anak, karakteristik ibu/keluarga dan karakteristik lingkungan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan desain cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 151 anak sekolah dasar. Dengan variabel dependen yaitu kejadian diare dan variabel independen yaitu frekuensi jajan, frekuensi makan sayuran mentah, kebersihan kuku, panjang kuku, mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mencuci tangan setelah BAB/BAK, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, penghasilan orangtua, kebiasaan BAB sembarangan, keberadaan jamban, sumber air minum dan tempat penyimpanan air minum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapart hubungan antara frekuensi makan sayuran mentah, dan mencuci tangan sebelum makan dengan kejadian diare di pada siswa di SDN 01 Karangkamuyan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijphn

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

IJPHN is an online, open access journal which publishes peer-reviewed original research papers addressing all aspects including problems, controversial issues, experimental trial, special articles such as reviews, opinions, and commentaries in nutrition related to public health. IJPHN published ...