Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling
Vol 1, No 1 (2020)

IMPLIKASI FILSAFAT KONSTRUKTIVISME DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA

Azmatul Khairiah Sari (STIT Ahlusunnah Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
08 May 2021

Abstract

Filsafat adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mencoba untuk mencari sebuah kebenaran tentang sesuatu. Filsafat sendiri memiliki aliran-aliran yang dihasilkan dari pemikiran yang mendalam dari para ahlinya. Salah satunya adalah aliran konstruktivisme. Aliran-aliran dalam filsafat diterapkan dalam beberapa cabang keilmuan yang bersifat sosial seperti pendidikan, bimbingan dan konseling, psikologi, dan sebagainya. Aliran filsafat bisa diterapkan dalam pelaksanaan konseling. Seperti aliran filsafat rasionalisme juga menjadi dasar konseling rasional, aliran humanisme diterapkan pada konseling humanisme, dan banyak yang lainnya. Walaupun secara spesifik tidak ada penamaan mengenai konseling konstruktivisme, namun aliran filsafat konstruktisme juga mewarnai suasana proses konseling. Dan ini juga bisa diterapkan pada siswa yang memiliki kebiasaan membolos.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pamomong

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pamomong merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi BKPI IAIN Salatiga. Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal mengkaji Hasil Penelitian tentang Bimbingan dan Konseling Religius, Bimbingan dan Konseling Islam, Bimbingan dan Konseling Umum, dan lain sebagainya. Pamomong terbit 2 (dua) kali ...