Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan

Upaya Peningkatan Pembelajaran Dokumentasi Keperawatan Dengan Aplikasi Asuhan Keperawatan Berbasis Komputer Pada Mata Kuliah Dokumentasi Keperawatan (Studi Kasus Akper Garuda Putih Jambi)

Rudolf Sinaga (STIKOM Dinamika Bangsa)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

Dokumentasi keperawatan merupakan aspek penting dari praktik keperawatan sehingga sumber daya manusia harus dilatih sejak dini. Penguatan pada aspek pengetahuan dan ketrampilan dalam pengembangan rencana asuhan keperawatan bagi seorang perawat sebagai tenaga kesehatan tentu harus dipersiapkan secara baik sejak saat tenaga perawat masih berada dilingkungan kampus. Oleh sebab itu, mata kuliah yang merupakan bagian dari proses penguatan aspek pengetahuan dan keterampilan calon tenaga kesehatan terutama dalam hal pengembangan rencana asuhan keperawatan harus lebih diperhatikan, baik dari materi, capaian matakuliah maupun media dukung yang digunakan dalam membantu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi asuhan keperawatan sebagai media penunjang mata kuliah Dokumentasi Keperawatan di Akademi Keperawatan Garuda Putih Jambi. Peneliti merekomendasikan bahwa dosen mata kuliah Dokumentasi Keperawatan memodifikasi formulir dokumentasi keperawatan menggunakan NIC & NOC dari NANDA dan sistem komputer dan secara rutin melaksanakan latihan-latihan pada saat proses pembelajaran tentang dokumentasi perawatan dengan menggunakan aplikasi tersebut, sehingga mahasiswa menjadi lebih produktif, sebab dengan aplikasi tersebut mahasiswa tidak lagi hanya diam mendengarkan dan membayangkan bagaimana melaksanakan asuhan keperawatan, tetapi bisa langsung ikut ambil bagian dalam simulasi pelaksanaan dokumentasi keperawatan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

OjsGapu

Publisher

Subject

Education Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan merupakan Jurnal yang berada dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih dan diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan menerbitkan Jurnal 2 kali dalam setahun ...