Jurnal Klinik dan Riset Kesehatan
Vol 1 No 2 (2022): Februari

Potensi Physalis Angulata (Ciplukan) sebagai Manajemen Kelainan pada Kulit

wuriandaru kurniasih (Departemen Dermatologi dan Venereologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Braiwajaya Malang)
Anggun Yuniaswan (Departemen Dermatologi dan Venereologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Braiwajaya MalangDepartemen Dermatologi dan Venereologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Braiwajaya Malang)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Physalis angulata adalah tanaman family Solanaceae yang telah lama digunakan sebagai obat tradisional dan telah dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit di berbagai negara, termasuk Indonesia. Berbagai fitokimia yang dapat diisolasi dari P. angulata seperti karbohidrat, lipid, mineral dan vitamin serta metabolit sekunder yakni physalin, withangulatin, saponin, tannin dan flavonoid, dipercaya memiliki aktivitas farmakologis seperti antiinflamasi, imunomodulasi, antiproliferasi, antioksidan, antibakteri dan sebagainya. Physalis angulata juga digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai macam kelainan kulit, seperti obat luka atau bisul maupun peradangan pada kulit. Saat ini penelitian P. angulata untuk kelainan pada kulit tengah banyak dikembangkan seperti sebagai adjuvant terapi Scleroderma, akselerasi penyembuhan luka dan dermatitis kontak iritan. Mengingat aktivitas farmakologi tanaman ini sangat luas, tanaman ini sangat berpotensi sebagai modalitas terapi untuk berbagai macam penyakit kulit lain. Selain untuk meneliti manfaat yang dikandung, diperlukan juga penelitian mengenai keamanan dan untuk menentukan bahan aktif yang bermanfaat untuk setiap kelainan pada kulit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jk-risk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Klinik dan Riset Kesehatan (JK-RISK) – RSUD dr. Saiful Anwar Malang adalah jurnal open-access resmi yang dikelola oleh tim Penelitian dan Pendidikan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Saiful Anwar Malang, Jawa Timur, Indonesia. JK-RISK menerbitkan satu volume yang terdiri atas tiga nomor setiap ...