Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019

MENGANALISIS NILAI – NILAI MORAL DENGAN MODEL LEARNING CYCLE DALAM CERPEN CATATAN HATI SEORANG PEMULUNGKARYA FIDKI SYA’BANDAN MEDIA VIDEO BIOGRAFI TOKOH BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CHAIRUL TANJUNG ”SI ANAK SINGKONG”

Rutoban, Kholifatun Munawaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Pada dasarnya pengetahuan, keterampilan dan motivasi para siswa  saat memasuki kelas berbeda – beda dari rumah. Saat guru memberikan suatu materi pelajaran dalam kelas, siswa dalam mencerna pelajaran tersebut ada yang dengan cepat dan ada yang lambat memahami materi tersebut. Untuk mengatasi masalah perbedaan kecepatan siswa dalam menerima materi dapat digunakan model pembelajaran Learning Cycle. Cerita pendek (cerpen) adalah sebuah karya sastra berupa prosa naratif yang bersifat fiktif. Isinya tidak lebih dari 10.000 kata, cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan dengan karya – karya fiksi yang lebih panjang seperti novel. Dikarenakan singkatnya, cerita – cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik – teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang dan ceritanya bisa dalam berbagai jenis. Cerpen catatan hati seorang pemulung menawarkan sebuah motivasi positif untuk terus berusaha, belajar dan berdoa dan membuktikan bahwa sebuah nasib dapat diubah dengan perjuangan dan pengorbanan. Adapun pemutaran video biografi tokohChairul Tanjung Si Anak Singkong akan memantapkan motivasi siswa setelah menganalisis nilai – nilai moral pada cerpen catatan Hati Seorang Pemulung karya Fidki Sya’ban.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia contains the results of scientific works in the form of research results and studies of scientist, scholar, and teacher from language and literature filed. this journal is published twice a year in October and April in indonesian ...