IBTIDA : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2021)

STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH IMAM PURO SUTORAGAN KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

Kismiyati , (MI Roudlotul Huda Kutoarjo)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Mengkaji strategi pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo merupakan salah satu dari lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Terletak di desa yang jauh dari akses umum, tetapi mampu bersaing dengan lembaga pendidikan dasar lain. Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo mulai tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, mengalami peningkatan jumlah peserta didik secara terus menerus, sering memperoleh kejuaraan lomba, dan mampu meningkatkan saran prasarana pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah segmentation pemasaran madrasah, targetting pemasaran madrasah, dan positioning pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentation pemasaran madrasah, targeting pemasaran madrasah, dan positioning pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan hasil data akhir yang berupa uraian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah Strategi Pemasaran Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, terdiri dari: (1) Segmentasi pemasaran madrasah di MI Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang meliputi: mengidentifikasi pasar, menentukan kebijakan segmentasi pasar, menetapkan tujuan segmentasi pasar, dan menentukan prosedur segmentasi pasar; (2) Targetting pemasaran madrasah di MI Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang meliputi: memilih segmentasi pasar yang akan menjadi target pemasaran, menentukan strategi targeting pemasaran, dan melaksanakan strategi targetting pemasaran; dan (3) Positioning pemasaran madrasah di MI Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang meliputi menentukan strategi positioning, mengimplementasikan strategi dan mengevaluasi strategi positioning. Strategi pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo sudah dilaksanakan dengan baik, dan berhasil diterima dengan baik di benak pelanggan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ibtida

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

IBTIDA (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) adalah jurnal yang diterbitkan pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen ). Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember . Selanjutnya ...