SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 1 No. 3 (2021)

PENERAPAN MODEL KEMANDIRIAN AKTIF SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI FENOMENA KUANTUM SISWA SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ATO SUHARTO (SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Provinsi Lampung)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Lack of passion in studying Physics in this Covid-19 Pandemic era, resulted in less than optimal Physics learning outcomes, this is what moves the author to conduct research with the aim of; (1). Describing student activities in learning activities using an active independence model, (2). Describing students' mastery of quantum phenomena using an active independence model. The sample in this study, namely class XII MIPA-6 which has the characteristics; students' mastery of quantum phenomena is low, and students' activities are limited to sitting, taking notes, and listening. Data collection in this study was carried out using; (1). Student observation sheet, (2). Teacher observation sheet, (3). Group work sheets and presentation review sheets were carried out at each meeting, (4) independent task sheets were carried out in each cycle, and (5) evaluation tests were carried out at the end of each cycle. The data analyzed in this study consisted of; (1). Qualitative data, is data from observations consisting of student activity data and research teacher activity data, (2). Quantitative data, in the form of values ??taken from the group's scientific work, presentation review scores, independent assignment scores and end-of-cycle evaluation scores. Based on the research results obtained; (1). The increase in student activity in the first cycle of 80.56% increased to 86.11% in the second cycle and increased again to 91.67% in the third cycle, (2). The increase in students' mastery of quantum phenomena in the first cycle was 50.85 to 68.96 in the second cycle or 18.11% and increased in the third cycle to 80.84 or an increase of 11.88%. ABSTRAKKurangnya gairah dalam belajar Fisika pada era Pandemi Covid-19 ini, mengakibatkan hasil belajar Fisika yang kurang optimal, hal ini yang menggerakan penulis untuk melakukan penelitian dengan tujuan; (1). Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model kemandirian aktif, (2). Mendeskripsikan penguasaan siswa terhadap materi fenomena kuantum menggunakan model kemandirian aktif. Percontoh dalam penelitian ini, yakni kelas XII MIPA-6 yang mempunyai karakteristik; penguasaan materi fenomena kuantum siswa rendah, dan aktivitas siswa terbatas pada duduk, mencatat, dan mendengarkan. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan; (1). Lembar observasi siswa, (2). Lembar observasi guru, (3). Lembar kerja kelompok dan lembar review presentasi yang dilakukan pada setiap pertemuan, (4) Lembar tugas mandiri yang dilakukan pada setiap siklusnya, dan (5) Tes evaluasi yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Data yang dianalisis pada penelitian ini terdiri dari; (1). Data Kualitatif, merupakan data hasil observasi yang terdiri dari data aktivitas siswa dan data aktivitas guru peneliti, (2). Data Kuantitatif, berupa nilai yang diambil dari kerja ilmiah kelomok, nilai review presentasi, nilai tugas mandiri dan nilai evaluasi akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh; (1). Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 80,56% meningkat menjadi 86,11% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 91,67% pada siklus III, (2). Peningkatan penguasaan materi fenomena kuantum siswa pada siklus I sebesar 50,85 menjadi 68,96 pada siklus II atau naik 18,11% dan meningkat pada siklus III menjadi 80,84 atau mengalami kenaikan sebesar 11,88%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...