Berajah Journal
Vol. 2 No. 1 (2022): February

ANALISIS KESALAHAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V MIN 1 TANGERANG

Rima Mardiyani Yunita (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Intan Sari Ramdhani (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Enawar Enawar (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Sumiyani Sumiyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah analisis kesalahan di dalam karangan narasi siswa kelas V MIN 1 Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penulisan huruf kapital dalam menulis karangan narasi dan untuk mengetahui kesalahan penggunaan tanda baca dalam menulis karangan narasi siswa kelas V MIN 1 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 15 orang yakni Guru kelas V, dan 23 siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Pemakaian Huruf, salah satunya adalah pemakaian huruf kapital, yang di dalamnya terdapat 9 kasus kesalahan; (2) penggunaan tanda baca titik (.) terhadap menulis karangan narasi siswa kelas V MIN 1 Tangerang terdapat 14 kasus kesalahan. Kesalahan penggunaan tanda baca koma (,) terhadap menulis karangan narasi siswa kelas V MIN 1 Tangerang terdapat 10 kasus kesalahan. Kesalahan penggunaan tanda baca tanda tanya (?), Kesalahan penggunaan tanda baca tanda seru (!), dan Kesalahan penggunaan tanda baca tanda petik (“”) terhadap menulis karangan narasi siswa kelas V MIN 1 Tangerang terdapat 0 kasus atau tidak terdapat kasus dalam menulis karangan narasi tersebut dikarenakan siswa belum mampu menguasai menulis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...