Berajah Journal
Vol. 2 No. 1 (2022): February

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DI KELAS V SDN CIREWED, KABUPATEN TANGERANG

Novi Dama Yanti (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Dilla Fadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Enawar Enawar (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Sumiyani Sumiyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam keterampilan menulis karangan eksposisi menjadi hambatan masuknya informasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk kemampuan berpikir kritis dalam keterampilan menulis karangan eksposisi dikelas V SDN Cirewed Kabupaten Tangerang dan untuk mengetahui apa saja faktor penyebab kemampuan berpikir kritis dalam keterampilan menulis karangan eksposisi dikelas V SDN Cirewed Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 12 orang yakni Guru kelas V, dan 25 siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi dikelas V SDN Cirewed Kab.Tangerang. Dalam keterampilan menulis karangan eksposisi seharusnya sudah sering dilakukan oleh siswa kelas V untuk mempermudah mereka pada saat proses pembelajaran di sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dalam keterampilan menulis karangan eksposisi dikelas V yaitu berasal dari faktor internal yang meliputi tentang mengenal masalah dalam menentukan tema, menemukan cara-cara yang dapat dipakai untuk menangani masalah dalam menentukan tujuan, mengumpulkan dan menyusun data informasi yang sesuai dengan tema, dapat memahami dan menggunakan bahasa yang tepat dan jelas untuk membuat kerangka karangan, menyusun kembali pola-pola keyakinan berdasarkan pengalaman yang luas dalam mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan eksposisi, menganalisis data dan mengevaluasi, dan membuat kesimpulan. Selain itu, kesulitan yang di alami siswa yaitu siswa tidak mampu mengumpulkan dan menyusun data informasi yang sesuai dengan tema, kemampuan untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan tema siswa masih kebinggungan, dan masih ada beberapa siswa yang benar-benar sama sekali belum paham, namun ada juga beberapa siswa yang sudah mengerti. Adapun poin penilaian dalam kemampuan berpikir kritis pada aspek pertama yaitu 9%, poin ke dua 15%, poin ke tiga 16%, poin ke empat 19%, poin ke lima 10%, poin ke enam 11%, dan poin ke tujuh 20%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...