Tarikhuna: Journal of History and History Education
Vol 3, No 2 (2021)

Pemikiran Muhammad Asad tentang Peran Sosial Hadith dalam Perspektif Sejarah

Amir, Ahmad Nabil (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Artikel ini menyorot fikrah hadith Muhammad Asad (1990-1992) dan kontribusinya dalam pemahaman sejarah dan peranan sosial hadith dan pengaruhnya yang signifikan di abad kontemporer. Ia mewacanakan beberapa pendapat tentang hadith yang dirumuskan dalam karya-karyanya seperti Sahih al-Bukhari The Early Years of Islam; Islam at The Crossroads (Bab “Hadith and Sunnah” dan “The Spirit of the Sunnah”); This Law of Ours and Other Essays; The Road to Mecca dan The Message of the Qur’an. Pengaruh hadith ini turut ditinjau daripada artikelnya dalam jurnal Arafat dan makalahnya yang lain terkait tema-tema hadith dan sunnah dan pemahaman serta masalah di abad moden, seperti tulisannya “Social and Cultural Realities of the Sunnah”. Dipaparkan dalam bentuk kajian yang bersifat deskriptif, analitis, historis dan komparatif. Artikel ini mencoba mengembangkan ide dan fikrah hadith yang dirumuskan oleh Asad dan membandingkannya dengan pemikiran-pemikiran sejarah yang krusial terkait prinsip hadith yang dibawakan oleh pemikir Islam yang lain. Hasil dari kajian ini menyimpulkan bahwa Muhammad Asad telah memberikan sumbangan yang penting dalam pemikiran hadith di abad modern dengan hasil penulisannya yang prolifik dan substantif, termasuk terjemahan dan syarahannya yang ekstensif terhadap Sahih al-Bukhari yang memuatkan komentar-komentar yang baru dan analisis sejarahnya yang mendalam terhadap kitab ini. Ia merumuskan pertentangan-pertentangan hukum dan istinbat-istinbat fuqaha dan muhaddith dalam tradisi syarah hadith yang kritis. Ia turut merespon pertikaian-pertikaian asas yang dibangkitkan oleh golongan orientalis dan intelektual yang skeptis terhadap riwayat-riwayat sejarah dalam tradisi hadith. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tarikhuna

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Tarikhuna: Journal of History and History Education (THJE) is an academic journal of studies in history education and Indonesian history. It is published biannually (May & November) by the Departement of Social Science Education, Imam Bonjol State Islamic University. Tarikhuna aims to provide ...