Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs)
Vol 2 No 2 (2021): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Desember 2021

Pola Komunikasi Interpersonal dalam Membentuk Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus

Rahma Fitri Dayana (Institut Pesantren KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia)
Bunyamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus yang di besarkan di lembaga sosial memiliki hak yang sama seperti anak yang tumbuh kembangnya dalam lingkungan keluarga. Salah satu bentuk komunikasi yang terjadi antara pengasuh kepada anak berkebutuhan khsus untuk memberikan motivasi serta nasihat dalam hal membentuk kemandirian adalah komunikasi interpersonal. tujuan penelitian ini adalah untuk membahas bagaiamana tahapan komunikasi interpersonal serta pola komunikasi interpersonal pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera terhadap anak berkebutuhan khusus dalam membentuk kemandirian. Untuk menjawab rumusan masalah diatas penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif yang bersifat deskriptif serta menggunaka teori penetrasi sosial. Adapun hasil penelitian ini adalalah terdapat empat tahapan komunikasi interpersonal yakni tahap orientasi, tahap pertukaran eksplorasi, tahap pertukaran afektif, dan tahap pertukaran stabil yang digunakan oleh pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Villa Do’a Yatim Sejahtera kepada anak berkebutuhan khusus serta pola komunikasi roda dan pola komunikasi bintang dapat membentuk kemandirian anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

j-kis

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs) merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAI Pangeran diponegoro Nganjuk. J-KIs berisi artikel hasil penelitian empiris & analisis-reflektif bagi para praktisi dan akademisi baik di bidang komunikasi ...