Nusanatara of Engineering
Vol 1, No 1 (2014)

ANALISA LOG AKSES DI E-LEARNING MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE MINING UNTUK MENGENALI POLA BELAJAR SISWA (Studi Kasus di SMUN 1 Pare Kediri)

Subkhan, Mohammad Khayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2014

Abstract

Abstraksi Data log aktifitas siswa di aplikasi e-learning menjadi sangat penting sekali manakala seorang guru ingin mempelajari pola perilaku siswanya ketika berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan ekstraksi informasi mengenai pola perilaku menggunakan data log seperti itu yaitu menggunakan metode apriori. Apriori merupakan salah satu algoritma dalam model association rules mining yang saat ini sangat populer sekali dalam dunia machine learning. Association rule mining digunakan untuk menemukan asosiasi antar aktifitas di e-learning. Asosiasi ini berupa rules yang menyatakan hubungan sejumlah aktifitas. Kekuatan hubungan ini diukur menggunakan ukuran minimum support dan confidence. Dari penelitian ini dengan minimum support 0.2 dan confidence 1 dihasilkan sebuah aktifitas dengan asosiasi yang sangat kuat dengan banyak aktifitas lain yaitu course view. Dengan keakuratan mencapai 90%. Hal ini berarti aktifitas tersebut menjadi sangatlah penting untuk menjadi perhatian para guru untuk menyiapkan bahan ajar sebaik – baiknya dalam aplikasi e-learning.

Copyrights © 2014