JURNAL CERDAS PROKLAMATOR
Vol 9 No 2 (2021): JURNAL CERDAS PROKLAMATOR

VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS IV SD

Arlina Yuza (Universitas Bung Hatta)
Nikken Prana Ningrum (Universitas Bung Hatta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pengunaan media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD Negeri 15 Pancung Soal Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media E- Komik Pembelajaran Matematika pada Materi Pengukuran untuk Siswa Kelas IV SD yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian yakni tipe PPE (Planning, Production, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrument penelitian meliputi lembar validasi. Validasi dilakukan oleh dua orang validator yakni pada aspek materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa validitas media e-komik pembelajaran matematika pada materi pengukuran untuk Siswa Kelas IV SD negeri 15 Pancung Soal Pesisir Selatan yakni 90%. Dengan arti kata, bahwa media e-komik berada pada kriteria sangat valid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. Basic Education Curriculum Development. 2. Learning Mathematics, Science, Social Sciences, Citizenship, English Language, Indonesian Language, Islamic Education, Arts and local content in Basic Education. 3. Media and Instructional Technology in Basic Education. 4. Innovative and creative ...