Permasalahan pembelajaran di SMP Negeri 6 Sidoarjo, kebanyakan siswa kurang antusias dalam literasi Sains. Hal ini di karenakan guru sering menggunakan strategi pembelajaran konvensional serta tanpa membuat perencanaan pembelajaran sebelumnya. Dari hasil belajar siswa kelas 7 pada materi Ilmu Pengetahuan Alam rata-rata belum memenuhi nilai Kreteria Ketuntasan Minimum. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya hal ini disebabkan oleh rendahnya minat baca siswa tentang materi Sains. Kenyataannya guru sudah memberikan tindakan pembelajaran dengan berbagai macam strategi pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik akan tetapi hasil belajar yang diperoleh tetap kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran peer instruction flipped terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 6 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dan populasi penelitian di SMP Negeri 6 Sidaorjo dengan sampel 80 siswa secara random. Berdasarkan analisis hasil diperoleh nilai F hitung untuk strategi pembelajaran peer instruction flipped dengan strategi konvensional adalah 86,52. Sedangkan F tabel dF1 = 2, dF2= 5.37 adalah 6,01, dengan tingkat signifikan 0,001 0,05. Maka berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penerapan strategi pembelajaran peer instruction flipped terhadap literasi Sains pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 6 Sidoarjo.
Copyrights © 2022