EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Implementasi Manajemen Resiko dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan

Suyitno Suyitno (STIE Indonesia Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan manajemen risiko di SMK Mondoroko yang meliputi penentuan konteks risiko, melakukan risk assessment yang terdiri dari Risk Identification, Risk analysis, serta Risk Evaluation dan penentuan mitigasi pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan tataran analisis eksploratif yang telah disesuaikan dengan tahapan pada proses manajemen risiko dari kerangka ISO 31000:2018 tentang Standar Manajemen Risiko. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan expert sampling. Hasil penelitian menunjuukan bahwa Analisis risiko pada proses pembelajaran di SMK Mondoroko ditinjau dari 4 kategori yakni kategori siswa, kategori guru, kategori kurikulum dan kategori lingkungan akademik. Berdasarkan keempat kategori tersebut memunculkan 29 risiko yang diidentifikasi dalam proses penilaian risiko dan berdampak signifikan secara berurutan adalah dari kategori kurikulum dilakukan penanganan melalui sinkronisasi kurikulum link and match dengan DUDI, kategori siswa dilakukan penanganan melalui Penerapan pembelajaran metode work based learning (WBL), kategori guru dilakukan penanganan melalui penyelenggaraan program guru magang industri dan kategori Lingkungan akademik dilakukan penanganan melalui pengelolaan dan pengadaan peralengkapan bengkel yang sesuai dengan teknologi terkini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...