EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Alih Kode dan Campur Kode pada Peristiwa Tutur di Masyarakat Desa Cibuaya, Kabupaten Karawang: Kajian Sosiolinguistik

Giatri Wismar Siwi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Sinta Rosalina (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Masyarakat dwibahasawan merupakan masyarakat yang mempunyai kemampuan menggunakan bahasa lebih dari satu, namun hal ini dalam penggunaanya seringkali memunculkan pengalihan dan pencampuran bahasa saat berkomunikasi sehingga adanya campur kode dan alih kode dalam berbicara. Pada penelitian ini peneliti mengkaji dan menggambarkan secara terperinci sebuah fenomena kebahasaan terkait bagimana bentuk alih kode dan campur kode, serta faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode yang terjadi pada peristiwa tutur di masyarakat Desa Cibuaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap, rekam dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik deskripsi, identifikasi, dan klasifikasi. Setelah itu peneliti mulai menganalisis data sesuai dengan pengetahuan kebahasaan yang dimiliki peneliti. Dari hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan adanya bentuk alih kode internal antar bahasa dan alih kode internal antarragam bahasa. Terdapat juga campur kode yang ditemukan berupa penyisipan kata, penyisipn frasa, dan campur kode berupa pengulangan kata. Kemudian, faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode yang terjadi pada peristiwa tutur di masyarakat Desa Cibuaya ini merupakan faktor dari mitra tutur, faktor kebiasaan, dan faktor maksud dan tujuan tutur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...