EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Monika Handayani (Universitas Terbuka, Indonesia)
Harti Puryatmi (SD Negeri 2 Penolih Jawa Tengah, Indonesia)
Hanafi Hanafi (Universitas Terbuka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran IPA erat kaitannya dengan keterampilan berpikir kritis karena keterampilan berpikir kritis menuntut peserta didik untuk dapat mengembangkan metode ilmiah dalam penyelesaian masalah berkaitan dengan fenomena alam. Model Problem Based Learning (PBL) terkenal dengan sintaks yang menghadirkan permasalahan nyata yang dialami peserta didik sehingga peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis penggunaan model PBL pada pembelajaran IPA di SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes hasil belajar pada pembelajaran IPA. Hasil belajar pada siklus I memperoleh skor rata-rata 79,27 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata 84,45. Hasil observasi juga menunjukkan peserta didik pada siklus II lebih aktif dalam kegiatan kelompok dibanding pada siklus I. Berdasarkan dari hasil tes HOTS juga terjadi peningkatan pada hasil belajar peserta didik di siklus I dengan rata-rata 80,25 dan presentase KKM 66,67% yang meningkat di siklus II dengan rata-rata 84,58 dan presentase 91,67%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...