Latar belakang penelitian yaitu rendahnya minat baca peserta didik dapat dilihat pada buku tamu dan buku perpustakaan yang sedikit pengunjung Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan manajemen perpustakaan dan peran guru terhadap minat baca siswa. Metode penelitian adalah metode kuantitatif menggunakan tehnik survey deskriptif. Populasi berjumlah 240 siswa dengan sampel adalah seluruh siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antar manajemen perpustakaan dengan minat membaca dilihat dari nilai r hitung = 0,564 (positif). Terdapat hubungan yang positif antar peran guru dengan minat membaca dilihat dari nilai r hitung = 0,374 (positif) dan nilai Sig. 2 tailed = 0.000 nilai signifikasi 0.000 ini berada dibawah 0.05 atau 0.000 < 0.05. Terdapat hubungan yang positif antar manajemen perpustakaan dan peran guru dengan minat membaca dilihat dari nilai r hitung = 0,743 (positif) dan nilai Sig. 2 tailed = 0.000 nilai signifikasi 0.000 ini berada dibawah 0.05 atau 0.000 < 0.05
Copyrights © 2021