EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Resolusi Konflik Berbasis Kearifan Lokal dalam Kehidupan Etnis Sikka Krowe

Rikardus Nasa (IKIP Muhammadiyah Maumere, Indonesia)
Gisela Nuwa (IKIP Muhammadiyah Maumere, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Nilai-nilai kearifan lokal diyakini mampu menjadi alternatif dalam fase-fase penurunan intensitas konflik. Nilai-nilai itu menjadi pegangan kelompok masyarakat tertentu yang biasanya akan menjadi bagian hidup tak terpisahkan yang dapat diamati melalui sikap dan perilaku mereka sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri pola penyelesaian konflik berbasis kearifan lokal etnis Sikka Krowe. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Du’a Moan Watu Pitu sebagai lembaga penyelesai konflik memiliki peran utama dalam upaya penyelesaian konflik dengan menjunjung tinggi nilai perdamaian ‘ali abo papan kewe.’ Pola penyelesaian konflik dalam tiga tahap yaitu repot, lahi dagir bega bolet, dan bura dame. Sanksi yang diberikan sebagai hasil dari lahi dagir bega bolet kepada pihak yang diputuskan bersalah tidak bersifat membebankan atau menyiksa tetapi lebih kepada memperbaiki keseimbangan yang terganggu. Bura dame sebagai sebagai bagian akhir dalam proses penyelesaian konflik mengikat kedua pihak yang berkonflik untuk berdamai dan jika dilanggar maka akan menanggung akibat dari sumpah yang telah dilaksanakan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...