EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

HOTS Analysis of Task Instructions in Bahasa Arab Madrasah Aliyah Textbook Published by The Ministry of Religious Affairs

Heni Verawati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Evi Febriani (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Intan Muflihah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Uswatun Hasanah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Agus Susanti (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Fitriani Fitriani (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

HOTS atau Higher-Order Thinking Skills (keterampilan berpikir tingkat tinggi) memainkan peranan penting dalam meningkat kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian antara instruksi tugas yang termuat dalam buku ajar Bahasa Arab MA kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Agama dengan indikator HOTS. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan isi HOTS pada instruksi tugas dalam buku ajar dan menggunakan teknik membaca dan kutipan untuk memperoleh data. Selanjutnya, peneliti menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung proporsi pengajaran berdasarkan Revised Bloom Taxonomy yang dikembangkan oleh Anderson dan Krathwohl, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Para peneliti menemukan bahwa buku teks berisi 78 instruksi tugas. Terdapat 32 instruksi yang mewakili kemampuan berpikir tingkat tinggi. Instruksi mencipta mendominasi kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan 24 instruksi (31%). Kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi yang paling dominan kedua adalah menganalisis dengan enam instruksi (8%). Terakhir, kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi ketiga adalah mengevaluasi dengan dua instruksi (3%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...