Menulis sebagai salah satu keterampilan bahasa dianggap sebagai sebuah keterampilan yang sulit karena berisi variabel kemampuan lainnya yang bermuara pada kegiatan menulis. Menulis dalam bahasa Prancis juga memiliki tendensi yang sama dari sisi kesulitan dan menjadi mata kuliah yang harus memiliki perhatian penuh dari para mahasiswa dan pengajar. Berbagai kesulitan pengajar dan pemelajar bahasa Prancis dalam bidang menulis, terutama di masa pandemi Covid-19, semakin terasa dengan ditemukannya beberapa hasil kajian dan observasi terhadap kemampuan menulis. Pembelajaran menulis sinektik-literasi diri ditujukan untuk mengatasi persoalan di atas dan memberikan ruang berkreasi yang lebih luas bagi pengajar dan pemelajar dalam proses belajar mengajar menulis, karena model ini secara hipotetis mampu meningkatkan kemampuan dan gairah pembelajaran menulis. Pemilihan bidang keterampilan menulis ini juga dikorelasikan dengan tuntutan kompetensi abad XXI yang berbasis pada empat kompetensi utama, yaitu komunikasi (communication), kerja sama (collaboration), berpikir kritis (critical thinking), dan kreativitas (creativity).
Copyrights © 2021