Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa
Vol 19, No 2 (2021): METALINGUA EDISI DESEMBER 2021

PEMBELAJARAN MENULIS SINEKTIK-LITERASI DIRI BERBASIS KETERAMPILAN ABAD XXI (SYNTECTIC WRITING LEARNING-SELF BASED ON SKILLS OF THE XXI CENTURY )

Dadang Sunendar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tri Indri Hardini (Unknown)
Iim Siti Karimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Menulis sebagai salah satu keterampilan bahasa dianggap sebagai sebuah keterampilan yang sulit karena berisi variabel kemampuan lainnya yang bermuara pada kegiatan menulis. Menulis dalam bahasa Prancis juga memiliki tendensi yang sama dari sisi kesulitan dan menjadi mata kuliah yang harus memiliki perhatian penuh dari para mahasiswa dan pengajar. Berbagai kesulitan pengajar dan pemelajar bahasa Prancis dalam bidang menulis, terutama di masa pandemi Covid-19, semakin terasa dengan ditemukannya beberapa hasil kajian dan observasi terhadap kemampuan menulis. Pembelajaran menulis sinektik-literasi diri ditujukan untuk mengatasi persoalan di atas dan memberikan ruang berkreasi yang lebih luas bagi pengajar dan pemelajar dalam proses belajar mengajar menulis, karena model ini secara hipotetis mampu meningkatkan kemampuan dan gairah pembelajaran menulis. Pemilihan bidang keterampilan menulis ini juga dikorelasikan dengan tuntutan kompetensi abad XXI yang berbasis pada empat kompetensi utama, yaitu komunikasi (communication), kerja sama (collaboration), berpikir kritis (critical thinking), dan kreativitas (creativity). 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

METALINGUA is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. All articles in Metalingua have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. METALINGUA is published by West Java Balai Bahasa twice a year, in June and ...