Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Bimbingan kelompok dalam pemahaman nilai empati untuk meningkatkan sikap prososial siswa

Ridho Rismi (Universitas Negeri Padang)
Neviyarni Suhaili (Universitas Negeri Padang)
Marjohan Marjohan (Universitas Negeri Padang)
Afdal Afdal (Universitas Negeri Padang)
Ifdil Ifdil (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Sebagai makhluk sosial, siswa perlu untuk saling membantu dengan orang lain, salah satunya ia harus mampu menampilkan sikap prososial, agar terciptanya iklim yang baik dalam pergaulan dengan teman sebayanya. Sebagai upaya dalam peningkatan sikap prososial siswa, dalam penelitian kali ini akan digunakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bimbingan kelompok yang efektif untuk mengembangkan sikap prososial siswa. Metodologi penelitian menggunakan desain eksperimen kuasi two-group pretest-posttest terhadap siswa SMA dengan mengambil populasi penelitian yaitu seluruh siswa dalam satu sekolah yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen prososial. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent Sample T-Test dengan analisis data prososial siswa sebelum dan setelah mengikuti model bimbingan kelompok

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...