DEMOCRATIA
Vol 1, No 1 (2013)

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa

Bintari P, Novianita ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2014

Abstract

Pola asuh orang tua ada tiga jenis, yaitu demokratis, permisif dan otoriter. Pola asuh mana yang cocok dan sesuai dengan kondisi anak, bila dilihat ciri-cirinya adalah pola asuh demokratis. Di sisi lain, nilai-nilai kedisiplinan perlu dimiliki dan ditanamkan pada anak, sebab dengan nilai-nilai kedisiplinan yang dimilikioleh anak, maka segala kegiatan yang dilakukan oleh anak akan terjadwal, hal ini termasuk juga dalam proses belajarnya. Dengan demikian diharapkan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, diharapkan  mampu dan berpengaruh dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada anak. Permasalahan yang dimunculkan adalah;  (1) bagaimana pola asuh orang tua siswa ?, (2) seberapa besar nilai-nilai kedisiplinan yang dimiliki oleh anak ?, dan (3) apakah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua mampu memberikan pengaruh terhadap penananaman nilai-nilai kedisiplinan  pada anak ? Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah :  (1) untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa, (2) untuk mengetahui   nilai-nilai kedisiplinan yang dimiliki oleh siswa?, dan (3) untuk membuktikan ada-tidaknya pengaruh pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap  nilai-nilai kedisiplinan  yang dimiliki oleh siswa SD 2 Gajah Kabupoaten Demak. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mengggunakan regresi sederhana, hal ini untuk mencari pengaruh dari kedua variabel, yaiu variabel pola asuh orang tua dan nilai-nilai kedisiplinan siswa. Kata Kunci : Pengaruh, Pola Asuh, Orang Tua, Penanaman, Kedisiplinan

Copyrights © 2013