BELIA
Vol 2, No 1 (2014)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Mukatiatun, Sri ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2014

Abstract

Kemampuan bahasa adalah kesanggupan, kecakapan, kekayaan ucapan pikiran dan perasaan manusia melalui bunyi yang arbiter, digunakan untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam percakapan yang baik. Dalam penelitian ini masalah yang dapat dirumuskan sebagai beikut: “Apakah Media Audio Visual dapat meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Kelompok B di TK Kartika Rini II Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2013/2014?”.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui media audio visual kelompok B di TK Kartika Rini II Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting) dengan subjek penelitian 25 anak TK Kartika Rini II Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan kuesioner.  Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas B TK Kartika Rini II Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2013/2014, dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbahasa terlihat dengan indikator kinerja yang selalu meningkat dari kondisi awal (58%), siklus I (69%) dan siklus II (89%). Peningkatan indikator kinerja ini dapat ditunjukkan dengan anak mampu memecahkan masalah melalui diskusi bersama kelompoknya, anak mampu berinteraksi dengan teman sebayanya, keaktifan anak mengikuti kegiatan pembelajaran meningkat, suasana kegiatan belajar mengajar sangat kondusif. Selain itu keberhasilan dalam proses pembelajaran tersebut tidak hanya terbatas pada aktivitas guru dan anak saja, tetapi juga mendapat dorongan dari orang tua. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media audio visual meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini pada Peserta Didik Kelas B TK Kartika Rini II Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Guru mampu mengembangkan media audio visual yang lebih bervariasi dan menyenangkan bagi anak. Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini, Media Audio Visual.

Copyrights © 2014