KES
Vol 1, No 1 (2013)

Upaya Menangani Siswa Yang Sering Melanggar Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Konseling Kelompok

Lestari, Dwi Endro ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2014

Abstract

Latar belakang masalah adalah, masih adanya sebagian siswa yang datangnya ke sekolah terlambat, tidak mengenakan atribut lengkap, baju tidak dimasukkan ke dalam celana, suka mengganggu teman, suka berbicara sendiri ketika upacara bendera berlangsung, dan sebagainya, itu semua merupakan pelanggaran tata tertib sekolah.  Di sisi lain, layanan bimbingan dan konseling di sekolah dipercayakan kepada guru Bimbingan dan Konseling (BK), dalam hal ini tindakan yang dilakukan adalah melalui layanan konseling kelompok, karena pelanggaran tersebut tidak hanya dilakukan oleh seorang anak. Diharapkan dengan dilaksanakan layanan konseling kelompok pelanggaran terhadap tata tertib sekolah dapat dihindari bahkan dihilangkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok dalam menangani masalah pelanggaran terhadap tata tertib sekolah yang dilakukan oleh  siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) layanan konseling kelompok merupakan salah satu cara efektif  untuk menangani masalah siswa yang melaku-kan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah, (2) layanan konseling kelompok dapat membantu para siswa anggota kelompok untuk berani berbicara di depan publik dengan nada bahasa dan etika berbicara yang baik, melatih anak  menghargai orang lain dan menjunjung tinggi nilai–nilai musyawarah dalam menyelesaikan masalah, dan (3) siswa dapat mentaati tata tertib sekolah yang ditetapkan sekolah dengan rasa nyaman dan tidak terpaksa serta dengan penuh kesadaran sendiri. Kata Kunci : Menangani Siswa, Melanggar Tata Tertib, Konseling Kelompok

Copyrights © 2013