Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Vol 11, No 2 (2021): Volume 11 Nomor 2 (2021)

MATERI BERBICARA PADA BUKU SISWA KELAS IV SD/MI PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKASI:SEBUAH ANALISIS

Mahmud Mahmud (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi bahasa Indonesia yang tersusun dalam buku tematik kelas IV SD/MI dengan perspektif pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif sebagai sebuah perspektif untuk melihat hubungan kompetensi berbahasa khususnya berbicara. Sebagai keterampilan mekanis berbicara bisa dilakukan dengan latihan. Maka dalam penelitian ini penulis melihat bagaimana fungsi bahasa sebagai alat komunikasi dan materi sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode content analysis. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik catat dan dokumentasi. Kemudian data diolah dengan cara reduksi data, analisis, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang tersusun dalam buku tematik pelajaran Materi Bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 terdapat pada pembelajaran 1,3,4,dan 6 mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung. Materi keterampilan berbicara perspektif pendekatan komunikatif pada subtema 1, subtema 2, dan subtema 3 dari keseluruhan mata pelajaran terdapat keterampilan materi berbicara dengan adanya kegiatan ayo mencoba dan ayo berdiskusi, sedangkan materi yang tersusun dalam buku tematik pelajaran Bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 secara keseluruhan sesuai dengan aspek kompetensi berbicara persekptif komunikatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...