Uniqbu Journal of Exact Sciences
Vol. 2 No. 3 (2021): Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES)

ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 WAEAPO DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN : (Analysis of Difficulties of Students in Class V SD Negeri 4 Waeapo in Understanding the Concept of Fractions)

Nur Fadhilah Amir (Universitas Iqra Buru)
Andi Andong (Universitas Iqra Buru)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Siswa masih kesulitan dalam mempelajari konsep pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tes dan angket sebagai instrumen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Waeapo. Data dianalisis dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan, yaitu diantaranya siswa mengikuti pelajaran dengan pasif, belajar jika ada keinginan dan tidak mempunyai pemahaman dalam memanfaatkan waktu belajar, kurangnya perhatian dan keterlibatan langsung orang tua dalam mendampingi siswa ketika belajar di rumah, siswa masih menganggap matematika itu sulit.

Copyrights © 2021