Paparan makalah ini akan mengungkapkan: (1) ide-ide konseptual danideologi empiris instruktif budaya dan agama yang mendasari pengembangandalam Sistem Pendidikan Terpadu di Indonesia, (2) kepribadian modelpengembangan melalui Sistem Pendidikan agama budaya-edukatif ideologiTerpadu, dan (3) membangun sistem pendidikan yang terintegrasi aspek yangmemberikan prioritas untuk mengembangkan karakter dan manusia yangberkepribadian. Berikutnya juga akan disajikan tentang, 1)konsep sekolahsekolahIslam Terpadu membangun sistem dengan pendidikan integritaskepadatiga aspek dengan integritas, yakni dengan: (a) unsur-unsur integritasanggotapendidikan,(b)promosipendidikanprosesintegrasi, dan (c) substansiintegritasmateri kurikulum,2)Sistem Pendidikan Terpadumeneliti nilainilaidansistem pemikirandasarsolusiidealyaitukhalifah,kearifanlokaldanagama Islam, budaya pesantren yang dipilih olehlembaga untuk sekolahdasardiimplementasikan dalamvisidanmisinya, 3)Pendidikan terintegrasiinimembangunformasi karakterdankepribadian, yaknipembinaanimansiswadalam menjalankan semua kegiatan terkonstruksi yangmereka terimadengankaffah.KepribadianIslamdengankaffah ditandaidenganpola pikir(aqliyah)dan pola yang (nafsiyah) yang dibakukan dalam kepercayaan Islam.Konstruksisemua pengetahuan secara substansi langsung berkaitan denganpengetahuanIslam (tsaqofahIslam)serta ilmu umu, 4) bangunan dan prosespendidikankarakter menerapkan konsep pendidikan dan kepribadian yangberkelanjutandan berkesinambungan.
Kata kunci: Pengembangan kepribadian, Sistem Pendidikan Terpadu
Copyrights © 2013