JAS: Journal of Architecture Students
Vol 2, No 2 (2021): NOVEMBER

Perancangan Community Learning Center Dengan Pendekatan Inclusive Design di Yogyakarta

Shalihah, Rahmayani Baqiyatun (Unknown)
Pujiyanti, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Ruang publik menjadi kebutuhan komunal untuk mengakomodir berbagai aktivitas masyarakat, termasuk dalam pendidikan. Yogyakarta sebagai kota pendidikan menjadi destinasi bagi pelajar dan mahasiswa lokal maupun luar daerah untuk menempuh studi akibat daya tarik dari banyaknya institusi pendidikan berkualitas baik. Pendidikan menjadi kebutuhan dan hak setiap individu masyarakat, ini sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang wajib belajar 12 tahun. Namun, realitanya tidak semua masyarakat dapat mengenyam pendidikan formal yang salah satunya disebabkan faktor keterbatasan ekonomi. Kaum marginal menjadi kelompok masyarakat yang sulit mengakses pendidikan. Berkaitan dengan kebutuhan akan ruang public tersebut, pada tahun 2014 DIY telah dicanangkan sebagai provinsi inklusif. Namun secara implementasi khususnya pada fasilitas ruang publik yang sudah ada dirasa belum maksimal menerapkan desain yang inklusif. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan desain Community Learning Center (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Yogyakarta yang menyediakan fasilitas pendidikan nonformal berupa pendidikan kesetaraan dan pendidikan keterampilan sebagai alternatif pendidikan bagi masyarakat khususnya kaum marginal dengan desain yang ramah bagi semua kalangan usia maupun disabilitas. Pendekatan inclusive design digunakan sebagai dasar perancangan melalui empat kriteria desain; functional, usable, desirable, dan viable. Kriteria tersebut akan diterapkan pada pengolahan area entrance, massa, sirkulasi dan akses, kualitas ruang, ruang dalam, dan ruang luar. Selain menunjang kebutuhan kegiatan belajar masyarakat, adanya fasilitas ini juga mendukung eksistensi Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan DIY sebagai provinsi inklusif.Kata Kunci: Ruang publik, Community Learning Center, Inclusive design, Pendidikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

JAS : Journal of Architecture Student, merupakan jurnal mahasiswa arsitektur yang dikelola oleh Program Studi Arsitektur Universitas Aisyiyah Yogyakarya. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian, perancangan, karya ilmiah dan gagasan tertulis yang berada dalam lingkup disiplin bidang arsitektur. ...