Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 6, No 1 (2022): Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan

PENERAPAN BA'I AS-SALAM DALAM TRANSAKSI JUAL ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Mentari Aprillia Nurfatah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nana Diana (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Saat ini Smartphone merupakan salah satu alat untuk melakukan aktivitas jual beli, adanya provider semakin memudahkan dalam hal terjadinya transaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Jual Beli atau Ba'i As-Salam adalah kegiatan menjual barang dimana pembeli membayar terlebih dahulu barangnya, kemudian menyerahkannya sesuai waktu yang telah disepakati. Dalam ilmu ekonomi islam terdapat prinsip yang harus dihindari yaitu gharar, kegiatan ini dilarang dalam islam karena merupakan kegiatan perdagangan yang mengandung ketidakpastian suatu barang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan, sumber datanya berasal dari buku, internet dan karya tulis ilmiah dan bersifat deskriptif, ialah mengungkap suatu masalah sehingga pada akhirnya dapat memperoleh kejelasan, gambaran baru ataupun dapat memberkuat gambaran yang sudah ada melalui data yang didapatkan. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan as-salamin para ahli ekonomi Islam diperbolehkan sepanjang memenuhi prinsip dan ketentuan, serta tidak mengandung unsur-unsur yang dapat menimbulkan kerugian seperti riba, ketidakadilan dan kecurangan. Pada kesimpulan tersebut, sebelum melakukan transaksi sebaiknya pelanggan meminta informasi yang jelas tentang produk tersebut, sehingga tidak ada ruginya dalam melakukan transaksi online ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

competitive

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Subjek area COMPETITIVE meliputi: Auditing, Perpajakan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Keperilakuan, Akuntansi Lingkungan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Corporate Sustainability, dan Manajemen ...