MATHEMATIC EDUCATION AND APLICATION JOURNAL (META)
Vol 3, No 2 (2021)

FAKTOR-FAKTOR AFEKTIF YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH

Ulfa Lu’luilmaknun (Universitas Mataram)
Nilza Humaira Salsabila (Universitas Mataram)
Ratna Yulis Tyaningsih (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

 AbstractThis study aims to discuss several research results regarding the understanding of mathematical concepts that are influenced by affective factors possessed by high school students. Sources of data obtained from 9 research results consisting of 3 results of research on the effect of independent learning on students' understanding of mathematical concepts, and 3 results of research on the effect of self-confidence on students' understanding of mathematical concepts. From several research results, it can be concluded that motivation, learning independence, and self-confidence partially affect the understanding of high school students' mathematical concepts.Keywords: Mathematic Concept Understanding, Motivation, Self-regulated Learning, Self-confidenceAbstrakTujuan dari penelitian ini yaitu untuk membahas beberapa hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika yang dipengaruhi oleh beberapa faktor afektif yang dimiliki oleh siswa sekolah menengah. Sumber data diperoleh dari 9 hasil penelitian yang terdiri dari 3 hasil penelitian mengenai pengaruh motivasi belajar terhadap pemaham konsep matematika siswa, 3 hasil penelitian mengenai pengaruh kemandirian belajar terhadap pemaham konsep matematika siswa, dan 3 hasil penelitian mengenai pengaruh kepercayaan diri terhadap pemaham konsep matematika siswa. Dari beberapa hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, kemandirian belajar, dan kepercayaan diri berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman konsep matematika siswa sekolah menengah.   Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Kepercayaan Diri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

meta

Publisher

Subject

Mathematics

Description

1. Belajar dan Pembelajaran Matematika 2. Pengajaran Matematika 3. Pengembangan Kurikulum Matematika 4. Pendidikan Guru Matematika 5. Teknologi Pendidikan ...