JURNAL TAPIS
Vol 12, No 1 (2012)

PERSEPSI AKTIFIS MUSLIM KAMPUS TERHADAP TERORISME DAN NEGARA ISLAM INDONESIA (Studi pada Perguruan Tinggi di Kota Metro)

Mustofa, Imam ( Dosen Mata Kuliah Fiqh Kontemporer STAIN Metro, aktif menulis dalam berbagai media massa seperti Lampost)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2012

Abstract

Terorisme dan Negara Islam Indonesia (NII) sampai saat ini menjadi tema hangat di berbagai media. Kedua masalah ini menjadi perhatian serius pemerintah, karena keduanya mengganngu kehidupan masyarakat dan mengancam stabilitas pemerintahan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk menanggulangi aksi terorisme dan gerakan NII. Berbagai cara dan pendekatan telah dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Pendekatan hukum sebagai upaya pemberantasan melalui penyelidikan, penyidikan, penyidangan, dan eksekusi terhadap para pelaku teror di Indonesia telah dilakukan. Bahkan pemerintah sekarang mulai menempuh cara pencegahan dengan membentuk Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).Mengenai gerakan NII, pemerintah juga berupaya melalui berbagai langkah. Di antaranya melalui kordinasi berbagai Kementerian dan departemen. Mulai dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Agama, sampai Kementrian Pendidikan Nasional. Pelibatan Kementrian Pendidikan Nasional memang sangat penting dan tepat, mengingat selama ini jaringan gerakan NII sangat berkaitan dengan lembaga pendidikan. Dari berbagai kasus yang muncul selama ini, pola perekrutan anggota baru NII melalui Sekolah Menegah Atas dan Perguruan Tinggi.

Copyrights © 2012