At-Ta`lim
Vol 4 (2013)

Peran Sekolah Bagi Anak ADHD

Ridwan, Ridwan ( Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2014

Abstract

Anak yang mengalami gangguan ADHD adalah anak yang secara psikologis mengalami hambatan didalam proses penyesuaian dirinya dengan lingkungan yang ditandai dengan gejala utama seperti kurang mampu memusatkan perhatian, hiperaktif dan impulsivitas. Akibat dari segala perilaku yang ditampilkan tersebut membuat anak ADHD cenderung bermasalah di sekolah.Disisi lain, sekolah seringkali tidak mentolerir perilaku yang bermasalah pada anak didiknya. Akibatnya, anak bisa dikeluarkan dari sekolah karena anak-anak seperti ini adalah dianggap anak yang nakal. Untuk itu, kiranya perlu pihak sekolah memahami perilaku-perilaku ADHD dari anak didiknya. Dengan lebih memahami gejala serta perilaku yang ditampilkan anak ADHD memudahkan pihak sekolah menerima serta memperlakukan anak didiknya dengan baik sehingga pihak sekolah tetap memberikan kesempatan bagi anak didik yang mengalami ADHD ini untuk dapat terus melanjutkan pendidikannya.

Copyrights © 2013