IJPD (International Journal Of Public Devotion)
Vol 4, No 2 (2021): Volume 4 Number 2 December 2021

Pelatihan Flipped Learning Berbasis Saintifik dan Implementasinya dalam Pembelajaran BDR di Sekolah Dasar

Fery Muhamad Firdaus (Unknown)
Irfan Wahyu Prananto (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sri Rochadi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Rahayu Condro Murti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Yoppy Wahyu Purnomo (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari kelompok sasaran. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru SD dalam mengelola dan mengimplementasikan model flipped learning berbasis saintifik dalam pembelajaran BDR (Belajar di Rumah). PPM ini diikuti oleh guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Peserta berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam PPM ini yaitu pelatihan, tanya jawab, diskusi, simulasi praktek pembelajaran, praktik mengajar dan pendampingan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua bulan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaskanakan selama dua bulan sejak 22 Mei 2021 sampai 21 Juli 2021. Adapun tahapan kegiatan meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi dan tindak lanjut. Berdasarkan penilaian terhadap produk yang dihasilkan peserta, maka kemampuan peserta untuk menyusun perencanaan melalui pengembangan perangkat pembelajaran flipped learning berbasis saintifik, serta pelaksanaan praktek mengajar pembelajaran flipped learning berbasis saintifik dapat dinyatakan sudah terampil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJPD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

International Journal of Public Devotion is a Scientific Journal of Community Service which is published twice a year in July and December by the Institute for Management and Publication of Scientific Journal of STKIP Singkawang. The articles contain the results of community service that has been ...