Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 10, No 1 (2020): Januari - Juni

Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan

Hasbullah Hasbullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

Pemikiran John Dewey dalam bidang pendidikan banyak mengilhami para pemikir dan praktisi pendidikan modern dewasa ini, terlepas dari berbagai pemikiran kontroversial Dewey yang mengundang Pro dan Kontra. Dalam menampilkan berbagai gagasanya juga, Dewey senantiasa mengemukakan alasan-alasan rasional yang sangat argumetatif.Reputasi internasionalnya terletak dalam sumbangan pikirannya terhadap filsafat pendidikan “ Progressivisme Amerika “. Dewey tidak hanya berpengaruh dalam kalangan filsafat profesional, tetapi juga karena perkembangan idenya yang fundamental dalam bidang ekonomi, hukum, antropologi, teori politik dan psikologi.Pengalaman (experience) adalah salah satu kunci dalam filsafat instrumentalisme. Filsafat instrumentalisme Dewey dibangun berdasarkan asumsi bahwa pengetahuan berpangkal dari pengalaman-pengalaman dan bergerak kembali menuju pengalaman. Pandangan Dewey mengenai pendidikan tumbuh bersamaan dengan kerjanya di laboratorium sekolah untuk anak-anak di University of Chicago.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tiftk

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam ...