Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 9, No 2 (2019): Desember

Islam, Iman dan Ihsan dalam Kitab Matan Arba‘In An-Nawawi (Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis Nabi SAW)

Ruri Liana Anugrah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Ahmad Asirin (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal)
Faisal Musa (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal)
Alwin Tanjung (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Materi pendidikan Islam menjadi salah satu faktor penting demi tercapainya tujuan utama pendidikan Islam, yaitu tercapainya tujuan pendidikan Islam sesuai dengan makna tarbiyah, ta‘lim, ta’dib dan tahdzib. Sehingga terbentuklah insan kamil dengan pola taqwa. Sesungguhnya, pokok dari materi Pendidikan Islam terdapat pada konsep Islam, iman dan ihsan. Dalam Kitab matan Arba‘in karangan Imam an-Nawawi terdapat beberapa hadis terkait konsep Islam dan rukun-rukunnya, konsep iman dan rukun-rukunnya, serta pembahasan konsep ihsan. Maka dalam tulisan ini penulis akan membahas Islam, iman dan ih}san dalam kitab matan arba’in an-Nawawi dan materi pembelajaran pendidikan Islam yang berbasis Islam, iman dan ihsan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tiftk

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam ...