Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Vol. 5 No. 2 (2022): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

N. Alifa Maulida (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Yanti Mulyanti (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Hamidah Suryani Lukman (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Siswa kurang tertarik pada mata pelajaran matematika mengakibatkan siswa menjadi sulit untuk menerima materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru yang penyampaiannya hanya dengan metode ceramah. Karna itu para siswa kurang memahami materi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya alat peraga yang dapat membuat siswa bisa mengilustrasikan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas alat peraga papan aljabar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil uji validitas oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 83,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga papan aljabar valid dan dapat memfasilitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

peka

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. ...