Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
Vol 2, No 2 (2021): Desember

Pengaruh Efektivitas Komunikasi Konsultan Terhadap Kepuasan Klien

Ramdani Ramdani (Universitas Sangga Buana)
Widyapuri Prasastiningtyas (Universitas Sangga Buana)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi konsultan dan kepuasan klien, serta bagaimana pengaruh efektivitas komunikasi konsultan terhadap kepuasan klien pada Addict Design Studio Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah efektivitas komunikasi konsultan sebagai variabel independen, sedangkan kepuasan klien sebagai variabel dependen.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah klien Addict Design Studio. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver  25. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi konsultan berpengaruh terhadap kepuasan klien di Addict Design Studio. Sedangkan besarnya pengaruh efektivitas komunikasi konsultan dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepuasan klien adalah sebesar 72,4%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

buanakomunikasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the ...